Bahu Jalan Longsor, Jalur Watumalang-Wonosobo Terancam


Bahu jalan di jalur utama Watumalang-Wonosobo mengalami longsor, Selasa (17/3) siang.

WATUMALANG (FOKUSSABA)- Bahu jalan di jalur utama Watumalang- Wonosobo longsor cukup parah di Desa Kuripan Kecamatan Watumalang, Wonosobo, Selasa (17/3) siang. Jalur kabupaten tersebut dalam kondisi terancam, sehingga saat ini terpaksa ditutup, khususnya untuk kendaraan roda empat atau kendaraan bertonase tinggi.

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Watumalang, Oni Wiyono mengungkapkan, langkah penutupan jalur terpaksa dilakukan, karena longsor hampir memakan badan jalan. "Berdasarkan informasi yang dihimpun, longsor terjadi pada Selasa (17/3) sekitar pukul 11.30. Longsor terjadi di Dusun Bedali Desa Kuripan Kecamatan Watumalang," ujarnya.

Untuk penyebab kejadian, diduga karena adanya saluran pipa air bocor, serta banyaknya sumber mata air di sekitar lokasi kejadian. Kondisi tanah yang longsor, panjang mencapai 350 meter dan lebar 100 meter. Untuk lahan terdampak sekitar dua hektare. "Untuk kerugian yang kami catat, ladang warga sekitar dua hektare dan bahu jalan kabupaten Watumalang-Wonosobo," beber dia.


Bahu jalan di jalur utama Watumalang-Wonosobo mengalami longsor, Selasa (17/3) siang.

Kondisi lalu lintas, kata dia, untuk roda dua dan pejalan kaki masih diperbolehkan. Namun harus dengan penuh kehati-hatian. Sementara kendaraan roda empat dan kendaraan bertonase tinggi sementara dialihkan memutar. Petugas gabungan baik dari pemerintah desa, RPB Watumalang, Koramil, Polsek dan Kecamatan Watumalang.

Pihaknya berharap, pihak dinas terkait segera melakukan pengecekan dan penanganan. Karena jika kondisi dibiarkan, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, dikhawatirkan longsor semakin bertambah parah. "Semoga segera dapat penanganan karena ini menjadi jalur utama penghubung Kecamatan Watumalang ke kota Wonosobo," ujar dia. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.