Tebing 30 Meter Longsor Tutup Saluran Irigasi, Petugas Gabungan Dikerahkan Bantu Warga


Petugas gabungan membantu membersihkan material longsor di saluran air didi Dusun Tawangsari Desa Krasak Kecamatan Selomerto, Minggu (8/3) kemarin.

SELOMERTO (FOKUSSABA)- Hujan yang mengguyur wilayah Wonosobo dalam beberapa hari terakhir membuat beberapa wilayah terjadi longsor, seperti di Dusun Tawangsari Desa Krasak Kecamatan Selomerto. Terdapat tebing setinggi 30 meter dan lebar 15 meter longsor pada hari Minggu (8/3) sekitar pukul 04.00, hingga menutup saluran air yang mengaliri kolam dan sawah seluas kurang lebih 30 hektare.

Komandan Koramil (Danramil) Selomerto Kapten Infanteri Kusno Miharto menyampaikan berkenaan dengan musibah tanah longsor tersebut, telah dilakukan karya bhakti pembersihan material longsor saluran pengairan desa. Kegiatan ini melibatkan anggota koramil, polsek, sukarelawan dan masyarakat Dusun Tawangsari, Selokromo dan masyarakat sekitar.

"Jika longsoran ini tidak segera diperbaiki maka dampak yang ditimbulkan sangatlah besar yaitu kolom ikan yang berada di bawah akan mati semua, sawah yang saat ini sedang melaksanakan tanam padi akan terganggu. Dan yang lebih parah lagi adalah karena air tersumbat maka bisa menyebabkan longsor susulan di daerah lainnya," ujarnya.


Petugas gabungan membantu membersihkan material longsor di saluran air didi Dusun Tawangsari Desa Krasak Kecamatan Selomerto, Minggu (8/3) kemarin.

Untuk itu untuk mencegah dampak yang ditimbulkan harus segera dibersihkan tanah yang menutup. Tidak lupa saat ini hujan masih sering turun untuk itu dalam melaksanakan karya bakti ini harus diperhatikan faktor keamanan. "Kanan kiri saluran tebing untuk itu diperhatikan faktor keamanan. Jangan sampai kita niatnya membantu membersihkan saluran dari tertimbun malah kita tertimbun sendiri," jelas dia.

Danramil Selomerto mengingatkan, saat ini curah hujan masih cukup tinggi, untuk itu tidak bosan-bosannya mengajak kita semua peduli terhadap lingkungan sekitar. Yaitu dengan cara mengecek lingkungan kita masing-masing secara berkala. Jika ada tanah yang retak, atau saluran tersumbat maka kita segera mengatasinya, sehingga bencana bisa diminimalisir.

Masyarakat menyampaikan terima kasih kepada petugas gabungan yang telah dengan suka rela ikut bersama-sama membantu membersihkan tanah longsor, sehingga air saat ini sudah bisa mengalir lagi. Saluran ini mengaliri kolam ikan dan sawah seluas kurang lebih 30 hektar. Dengan bantuan tersebut, saat ini air sudah mengalir seperti semua, dan masyarakat sangat senang kehadiran petugas gabungan membuat mereka menjadi semangat dalam bekerja membersihkan longsoran. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.