TKW Cantik Asal Wonosobo Berprestasi di Olahraga Taekwondo Wakili Hongkong


Atlet Taekwondo asal Wonosobo, Siti Maryam tetap bangga kibarkan bendera Merah Putih saat kejuaraan mewakili Club Hongkong. (Foto : Istimewa)

Namanya Siti Maryam. Dia berasal dari Dusun Bangsari RT 29 RW 07 Desa Simbang Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Dara cantik kelahiran 1992 itu adalah puteri ketiga dari empat bersaudara pasangan Khasanudin dan Saniah. Ia mengaku hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).

Siti, demikian ia akrab disapa terakhir menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Kalikajar. Dia terpaksa tak melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA lantaran masalah biaya. Pada tahun 2014, Siti memutuskan untuk terbang ke Hongkong dan bekerja sebagai buruh migran. Selain rajin, dara cantik ini memang sosok berambisi besar untuk tetap berprestasi.

Pada tahun 2017, Siti bergabung dengan Foreigners Hongkong Taekwondo Association. Siti menghabiskan waktu liburnya untuk berlatih taekwondo. Siti ingin membuktikan ke warga negara Indonesia, bahwa para tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri tidak selalu buruk. Masih banyak hal positif yang bisa dilakukan.


Atlet Taekwondo asal Wonosobo, Siti Maryam tunjukan medali yang diperolehnya. (Foto : Istimewa)

Siti juga pernah mengikuti berbagai competisi antar club di Hongkong. Bahkan, terkadang dia ikut seleksi kompetisi di negara Asia seperti Korea dan Jepang. Terakhir Siti juga mewakili Hongkong di ajang Pugnator Badung Sport Tourism Taekwondo International Championship 2019 yang diselenggarakan di GOR Purna Krida Bali Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia.

Dalam ajang bergengsi yang digelar tanggal 25-27 Oktober 2019 lalu itu, Siti berhasil menjadi 1st Winner Poomsae Female Individual. Saat ini Siti telah meraih sembilan medali emas, tiga medali perak dan satu medali perunggu. Siti berharap kepada pemerintah, agar dirinya dan semua masyarakat Wonosobo yang memiliki bakat dan prestasi dalam bidang apapun, supaya lebih diperhatikan dan bisa untuk dikembangkan lagi.

Siti mengaku meskipun mewakili club Taekwondo Hongkong, ia selalu menggibarkan bendera Merah Putih sebagai kecintaannya terhadap Indonesia. Ia memang pantas menjadi teladan bagi warga Indonesia lain, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri untuk senantiasa bangga dengan Indonesia dan berprestasi sesuai bidang yang disukai. Hebat Siti Maryam.


Atlet Taekwondo asal Wonosobo, Siti Maryam tunjukan piagam penghargaan. Inzert medali yang ditorehkan. (Foto: Istimewa)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.