Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten Wonosobo Diminta Tingkatkan Pengawasan Distribusi Pupuk



WONOSOBO (FOKUSSABA)- Bupati Wonosobo Eko Purnomo meminta Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP-3) Kabupaten Wonosobo untuk meningkatkan pengawasan distribusi pupuk, dengan melakukan pemantauan secara intensif.

Kepada para petani di Kabupaten Wonosobo yang belum terdaftar di dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), pihaknya juga meminta segera menghubungi pengurus kelompok tani terdekat.

Menurut Bupati, untuk bisa mendapatkan pupuk bersubsidi para petani harus terdaftar diri agar usulannya dapat didaftar dalam RDKK. "Segera hubungi kelompok tani terdekat," pintanya.

Mengenai petani yang belum mendapat kartu tani, pihaknya juga meminta kepada BRI Unit di seluruh kecamatan, agar tetap berkoordinasi dengan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) kecamatan setempat.

Pihaknya ingin agar petani yang belum menerima segera mendapatkan kartu tani tersebut. Selain itu, perlu mendata serta memperbaiki kartu tani yang tidak berfungsi.

"Jangan lupa pastikan, alat Electronic Data Capture (EDC) seluruh KPL, dapat berfungsi dengan baik. Dan yang tidak kalah pentingnya, lakukan asistensi secara berkala terhadap kemampuan KPL dalam mengoperasikan EDC," beber dia.

Sementara itu, kepada produsen dan distributor, diminta untuk melakukan pengendalian dan pembinaan terhadap KPL, agar dalam melayani penebusan pupuk bersubsidi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Terakhir, kepada para PPL di seluruh kecamatan, Bupati Eko meminta petugas terus melakukan penyuluhan secara intensif kepada petani.

"Tanyakan pula apa masalah atau kendala yang dihadapi oleh para petani secara mendetail, dan dekatlah dengan para petani, agar mereka bisa leluasa menceritakan apa saja yang sedang dihadapi," pungkasnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.