Pengusaha Wonosobo Berani Ambil Resiko, Meskipun Merugi di Tengah Pandemi Covid-19



Pandemi Covid-19 di Tanah Air telah melumpuhkan segala aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan usaha. Banyak pengusaha terpaksa merumahkan karyawannya, atau bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), karena tak mampu memberikan gaji kepada karyawan, akibat menurunnya pendapatan atau omzet imbas sepinya pelanggan.


Seorang Pebisnis Muda di Wonosobo, Ahmad Hamal Wincahyo mengaku tak tega menerapkan kebijakan merumahkan karyawan, apalagi sampai melakukan PHK. Meskipun diakui, sejumlah usaha yang dijalankannya juga sangat terdampak pandemi Covid-19. Namun, pria yang akrab disapa Hamal itu tetap berupaya mempekerjakan semua karyawannya, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan. 

Dia yang merupakan Owner Bandung Body Repair Car Solution (@bbr_carsolution) itu mengaku terlatih dengan kondisi usaha seburuk apapun. "Mental dan jiwa saya terlatih seperti penjudi. Ketika usaha saya sepi, saya punya karyawan yang saya gaji. Saya tidak akan membiarkan keluarganya kelaparan, dan tidak akan memperkaya diri saya sendiri," ungkap pebisnis muda berhati mulia itu.

Menurut pemilik @skpphone_market dan
@starabadi_kembangapi itu, mental terlatih seperti penjudi, maksudnya penggambaran orang yang berani ambil resiko, meskipun akibatnya bisa merugi. Diakui saat pandemi Covid-19 yang berlangsung berbulan-bulan, banyak pengusaha mengalami kerugian sangat besar, karenanya sepinya pelanggan yang berdampak pada menurunnya pendapatan usaha.

Namun demikian sebagai owner, pihaknya memiliki tanggung jawab besar kepada para karyawannya. "Ini tanggung jawab saya sebagai owner yang punya karyawan. Maka saya berani ambil resiko rugi, seperti memasarkan produk di bawah harga standard. Ini demi kelangsungan hidup karyawan dan demi masyarakat yang membutuhkan," jelas Owner @permatahomestay_wonosobo itu.

Ia bahkan rela merogoh uang pribadinya demi tetap menjalankan usaha, meskipun semua produk dipasarkan merugi. Hal itu dilakukan demi tetap memberi lapangan pekerjaan kepada para pekerjanya, agar kelangsungan hidup keluarga para karyawannya tetap terjaga. "Semua usaha saya, produk saya jual diskon sampai 50 persen," beber pemilik @alora_grosir yang juga penghobby olahraga Futsal tersebut. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.