Panen Stoberi Petani Desa Igirmranak, Dandim Pesan 500 Polybag untuk Dikirim ke Bandung


Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat melaksanakan panen stroberi di Pirma Kultura Desa Igirmranak Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Rabu (9/9) tadi. (Foto : Dok Pendim)

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat melaksanakan panen stroberi di Pirma Kultura Desa Igirmranak Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Rabu (9/9) tadi. Pada panen tersebut Dandim didampingi Ahmad Mashud, selaku pengelola tanaman stroberi.

Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat saat mencicipi buah stroberi menyampaikan buah ini berbeda dari yang biasa dilihat dan dirasakan. Buah stroberi ini lebih besar, lebih manis dan warna lebih cerah. "Ini pasti karena didukung oleh kondisi alam yang ada dan perawatan yang sangat baik," ujarnya.

Dengan melihat nyata di lapangan, Dandim menyarankan kepada pengelola dan Kades Igirmranak, untuk mendukung desa wisata sebaiknya lokasi di sekitar homestay agar tanaman sayur diganti dengan buah semua yang cocok dengan kondisi di Desa Igirmranak. Seperti buah anggur, apel dan kelengkeng.

Alasan tanaman yang ada diganti, kata orang nomor satu di Kodim 0707/Wonosobo itu, untuk tanaman sudah sayur sudah banyak, sedangkan buah masih jarang. Para wisatawan lebih senang jika menikmati buah secara langsung metik sendiri. Itu sebuah kepuasan tersendiri, sehingga mempunyai nilai jual tersendiri.

Ahmad Masud selaku pengelola merasa sangat bangga dengan adanya kunjungan Dandim dan berkenan memetik sendiri hasil buah karyanya. Apalagi Dandim sangat terkesan saat mencicipi buah strobery. Itu semua membuat semangat untuk mengembangkan usahanya. Apalagi Kades ikut mendukung agar lahan yang ada dimaksimalkan.

Yang membuat tantangan baru saat ini adalah Komandan Kodim memesan 500 polybag tanaman stoberi yang akan dibawa ke Bandung. Itu merupakan sebuah kehormatan. Karena yang pesan adalah orang nomor satu di Kodim 0707/Wonosobo, yang kedua tanaman tersebut dibawa ke luar kota, sehingga secara tidak langsung jadi promosi gratis.

Dia menambahkan jenis stoberi yang ditanam kali ini ada tiga jenis yaitu Kalifornia, Fresca dan Red Australia. Ketiga jenis ini mempunyai ciri tersendiri. Jenis Kalifornia keunggulannya adalah mudah berbuah, lebat, dan mudah menyesuaikan suhu lingkungan. Jenis Fresca keunggulannya rasa lebih manis, buah berbentuk agak bulat (love), warna pink jika belum matang sempurna, serta tekstur lebih lembut

Untuk Red Australia keunggulannya adalah bentuk cantik (sempruna bentuk stroberi), lebih panjang, rasa manis serta lembut. Stroberi bisa panen dari bibit dalam waktu dua minggu sudah berbuah. Semakin lama semakin banyak buah yang dihasilkan. Panen yang ideal adalah setiap tiga hari sekali. Untuk saat ini menanam sayuran dibandingkan strobery lebih menjanjikan buah stroberi.

Alasannya adalah harga stabil, perawatan mudah, lebih tahan terhadap penyakit bila dibandingkan dengan menanam sayur. Sekali tanam bisa panen berulang kali dalam kurun waktu tidak tentu yang penting adalah perawatan secara intensif. Dan buah stroberi tidak mengenal musim saat panennya. "Yang lebih menggiurkan harga 1 kg stroberi diambil pedagang Rp 50.000/Kg untuk ukuran besar kecil sedangkan yang besar-besar (super) Rp 70.000 Kg – Rp 75.000/Kg," jelasnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.