Wabup Wonosobo; TMMD Sengkuyung Dukung Percepatan Pembangunan Wilayah, Hemat Anggaran Sampai 30 Persen


Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo menyaksikan penandatanganan berita acara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III di Pendopo Belakang Kabupaten Wonosobo, Selasa (22/09/2020)

WONOSOBO, FOKUSSABA.COM- Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo menilai, penyelenggaraan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di Kabupaten Wonosobo, memiliki peran penting dalam mempercepat pembangunan di wilayah. Kegiatan yang mengedepankan sikap kegotongroyongan tersebut dinilai bisa menghemat anggaran pemerintah hingga 30 persen.

Penegasan itu disampaikan Wabup Agus saat kegiatan Pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III di Pendopo Belakang Kabupaten Wonosobo, Selasa (22/09/2020. Sementara lokasi pelaksaan TMMD berada di Desa Kwadungan Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. "Kami sampaikan terima kasih tak terhingga kepada TNI yang mempunyai program TMMD dalam upaya mempercepat pembangunan di wilayah," ujarnya.

Dia menilai banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemerintah maupun masyarakat secara langsung. Manfaat yang dirasakan adalah melalui TMMD, bisa menghemat anggaran pemerintah hingga 30 persen. Untuk itu Wabup menyarankan kepada Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo agar anggaran TMMD tahun depan bisa ditambah lagi, sehingga diharapkan sasaran yang dicapai bisa semakin luas.

"TMMD masih sangat dibutuhkan. Oleh karenanya, keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana, dan infrastruktur di wilayah yang membutuhkan bantuan, masih sangat relevan. Dalam konteks akselerasi pembangunan, program TMMD dapat dinilai sebagai suatu terobosan yang efektif, efisien dan produktif, seirama dengan tekad pemerintah, untuk memacu kreatifitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan," beber dia.

Maka, lanjut dia, pendekatan TMMD tersebut sungguh sangat relevan, dan sekaligus membantu pemerintah untuk meng-implementasikan pemberdayaan masyarakat, dalam pembangunan di daerah. Manfaat yang lain adalah dengan adanya TMMD gotong royong di masyarakat semakin meningkat, baik dalam pembangunan maupun mengatasi permasalahan yang ada di wilayah.

Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD seperti inilah, menjadi suatu kekuatan yang luar biasa, untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi, serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini, dengan solusi.

Senada, Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menyampaikan, tema yang diangkat dalam TMMD kali ini adalah “TMMD Pengabdian untuk Negeri” program TMMD harus kita sukseskan bersama. Adapun sasaran fisik yang dikerjakan adalah pengerasan jalan sepanjang 672 x 4 meter, pembuatan senderan 2 buah dan drainase.

Sedangkan kegiatan non fisik penyuluhan bela negara, penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan pencegahan penyalahgunaan narkoba, peningkatan kemampuan anggota Linmas, penyuluhan pengelolaan sampah dan penyuluhan sanitasi lingkungan dan hidup sehat. Semua itu akan selesai dalam waktu satu bulan. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.