Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo Meningkat Jadi 687 Orang

Relawan PMI Wonosobo tengah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah area perkantoran, belum lama ini. (Foto: Dok PMI Wonosobo)

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo terus mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan update Pusat Informasi Covid-19 tanggal 4 Oktober 2020 di https://corona.wonosobokab.go.id/ milik Pemerintah Kabupaten Wonosobo, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 meningkat menjadi 687 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Dr Jaelan menyebut, dari 687 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 374 orang telah dinyatakan sembuh, 292 orang masih dirawat, dan 21 orang lainnya meninggal dunia.

Tercatat juga di website resmi tersebut, jumlah orang dengan resiko (ODR) di Kabupaten Wonosobo mencapai sebanyak 50.339 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.613 orang kategori suspek dan 33 orang probable. Untuk yang kategori suspek, sebanyak 3.401 orang masuk kategori discarded, 130 orang menjalani isolasi mandiri dan 50 orang masih dirawat.

Perlu diketahui, ODR merupakan semua pelaku perjalanan dari wilayah terjangkit atau memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi lokal. Untuk kasus suspek, yakni mereka yang dengan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di wilayah yang melaporkan transmisi.

Bisa juga, orang dengan salah satu gejala atau tanda ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probable Covid-19. Orang dengan ISPA berat atau pneumonia yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Untuk kasus probable merupakan, kasus suspek dengan ISPA Berat/ARDS/meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan covid-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR. Sementara kasus konfirmasi merupakan seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi virus covid-19 yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium RT-PCR. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.