Bakal Dijadikan Wisata Religi, Pemuda Wadas dan Banser Gotong Royong Buka Jalan 2,8 Kilometer


Sejumlah pemuda Dusun Wadas dibantu Banser lakukan pembukaan jalur ke makam leluhur.

SAPURAN FOKUSSABA.COM- Sejumlah pemuda Dusun Wadas, Desa Bogoran, Kecamatan Sapuran bekerja keras membuka jalan sepanjang 2,8 kilometer menuju makam leluhur yang rencananya akan dijadikan tempat wisata religi. Mereka bergotong royong membuka badan jalan menuju makam Mbah Mandir, Minggu (29/11/2020).

Salah satu pemuda Dusun Wadas, Udiyanto mengatakan, gotong royong yang dibantu ratusan anggota Banser Sapuran tersebut untuk membuka akses menuju makam leluhur desa setempat. Gotong royong juga melibatkan puluhan warga, mengingat selama ini jalan menuju makam baru berupa jalan setapak.

Selain itu, jalan juga sulit dilintasi karena beberapa titik lokasi yang masih berupa tanjakan terjal. "Kami adakan gotong royong untuk membuka badan jalan. Jalan masih sulit dilalui karena ada yang masih tanjakan dan hanya jalan setapak," ungkapnya.


Sejumlah pemuda Dusun Wadas dibantu Banser lakukan pembukaan jalur ke makam leluhur.

Lebih lanjut, dengan menggunakan alat seadanya, pemuda setempat sudah beberapa bulan terakhir berusaha membuka jalan sepanjang 2,8 Km menuju makam leluhur yang rencananya akan dijadikan tempat wisata religi. Upaya membuat wisata religi ini, katanya, didasari harapan masyarakat desa setempat yang membutuhkan peningkatan taraf hidup yang terfokus di ekonomi keluarga.

"Rencananya makam tersebut akan dibuka untuk wisata religi. Yang diharapkan bisa membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar. Kami berusaha mandiri dengan kemampuan warga desa untuk membuat tempat wisata religi. Bahkan warga rela tanahnya dibuat jalan ini," ungkapnya.

Sebelumnya, jelas Udi, sudah banyak masyarakat yang berziarah ke makam pendiri Dusun Wadas ini. Oleh karena itu, para pemuda dengan izin sesepuh desa berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi wisata religi.

"Kondisi di sekitar desa sangat indah pemandangannya, hijau udaranya sejuk dan segar. Ada sungai dan beberapa spot yang mendukung untuk dijadikan tempat wisata. Sehingga harapannya warga Dusun Wadas ini bisa mandiri secar ekonomi dan tidak usah lagi bekerja ke luar kota dan luar negeri," tuturnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.