Enam Toko dan Rumah di Temanggung Terbakar, Kerugian Capai Rp 2,5 Miliar


Sejumlah petugas Damkar Temanggung melakukan pemadaman toko dan rumah penduduk yang terbakar. (Foto : Dok)

TEMANGGUNG FOKUSSABA.COM- Enam bangunan toko dan rumah penduduk di Jalan W.R. Soepratman RT 02 RW 02 Kelurahan Jampiroso Kecamatan Temanggung, terbakar hebat Jumat (20/11/2020) sejak pukul 02.18 WIB. Api baru bisa dipadamkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Temanggung dibantu BPBD, TNI, Polri, PMI dan Tagana serta Damkar Kabupaten Magelang pukul 08.40 WIB.

Kapolsek Temanggung Kota, AKP A Yahya mengungkapkan, tiga unit toko yang terbakar, antara lain Toko Thalia dan Toko Onderdil Pendowo milik Bintoro Sutantio (56), Toko Meubel Sabar Jaya ada dua kios milik Toriq (50), rumah tinggal milik May Fang (63), rumah tinggal milik Santoso (53) dan rumah tinggal milik Cik Yin Yin (62).

"Yang terbakar tiga unit toko, ada toko makanan, toko onderdil, toko meubel dan tiga unit rumah tinggal," ungkapnya Jumat (20/11/2020). Informasi yang dihimpun, kronologi kejadian, awal kejadian di Toko Thalia, pada saat itu putri Bintoro Sutantio yang bernama Thalia Agelica (19), hendak beranjak tidur lalu mencium bau seperti ada yang terbakar.

Kemudian dia mencari asal bau tersebut dan keluar kamar mendapati sudah ada api di atas etalase tumpukan mie instan. Selanjutnya Thalia membangunkan bapak, ibu dan kedua adiknya. Setelah mengetahui adanya kebakaran, Bintoro berusaha untuk memadamkan api yang merambat begitu cepat dengan alat seadanya.

Sedangkan istri beserta ketiga anaknya berusaha keluar rumah dan ke tempat tetangga. Kemudian Bintoro berupaya menelpon petugas Damkar Temanggung. Kondisi api begitu cepat membakar atap Toko Thalia merambat membakar rumah dan toko sebelah-sebelahnya. Petugas Damkar Temanggung yang mendapat laporan kebakaran di Jampiroso, menerjunkan personil yang piket di Mako Damkar Temanggung.

"Tenyata sesampainya di lokasi api sudah membesar kemudian personil yang piket di Mako meminta bantuan ke Pos Jaga Damkar Pringsurat dan Pos Jaga Damkar Candiroto. Dalam penanganan kebakaran ini Damkar Temanggung menerjunkan 40 personil dengan 10 unit mobil pemadam dan watersupply," ujar Kepala Bidang Linmas dan Damkar Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Temanggung, Gito Walngadi. 



Selain itu petugas Damkar Temanggung dibantu dari Damkar Kabupaten Magelang dua unit dengan 13 personil, serta mendapat bantuan suplay oksigen untuk anggota yang di lapangan dari PMI Kabupaten Temanggung. "Kami juga dibantu personil dari instansi terkait seperti BPBD, TNI, Polri dan Tagana serta warga masyarakat sekitar," imbuh dia.

Kebakaran ini menyebabkan dua korban luka bakar ringan yakni Koko Septiantoro anggota Damkar Temanggung. Dia terkena runtuhan kayu yang disebabkan kerena ledakan dan Bintoro Sutantio pemilik Toko Onderdil Pendowo karena terkena semburan api. "Kebakaran ini menyebabkan sejumlah toko dan rumah penduduk dengan taksiran kerugian mencapai Rp 2,5 miliar," terangnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.