Hindari Gundukan Tanah Longsor, Truk Hasil Pertanian Terperosok ke Kebun Salak


Sejumlah petugas kepolisian, relawan dan warga membantu evakuasi truk yang alami kecelakaan. (Foto: Dok)

WATUMALANG (FOKUSSABA)- Sebuah truk bernomor polisi AA 9433 LK mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Kuripan - Manggis Wonosobo, Minggu (8/11) pagi. Truk yang membawa muatan buah alpokat dan kacang tanah itu terperosok ke dalam tebing kebun salak sekitar enam meter, menyebabkan satu penumpang tergencet dan meninggal dunia.


Kapolsek Watumalang AKP Purwanto mengungkapkan, kecelakaan tunggal tersebut terjadi pada Minggu (8/11) sekitar pukul 05.00 WIB. Kecelakaan menyebabkan tiga orang mengalami luka-luka dan satu orang meninggal dunia. "Korban meninggal bernama Saudara Agus (20) petani asal Desa Sigaluh Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara," ujarnya Minggu (8/11).

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi mata, kronologis kejadian pada hari Minggu (8/11) sekitar pukul 05.00 WIB, truk yang dikemudikan Yanuar (30), yang juga warga Desa Sigaluh dalam perjalanan dari arah Watumalang ke Banjarnegara. Truk saat itu dengan membawa buah alpokat dan kacang tanah. "Saat di Jalan Desa Kuripan menuju Desa Manggis, supir mencoba menghindari gundukan tanah longsor di pinggir jalan," imbuhnya.

Diduga karena truk terlalu berjalan menepi dan jalan ambles, truk tersebut terperosok ke bawah tebing kebun salak, dengan tinggi tebing sekitar enam meter. Posisi truk terbalik yang mengakibatkan sang sopir dan sejumlah korban luka-luka dan meninggal dunia karena tergencet badan truck. Sejumlah korban mengalami luka ringan, antara lain Sopir Yanuar, Yogi (25) yang merupakan petani Desa Sigaluh Banjarnegara dan Choirul Huda (22), petani asal Desa Tempelsari Kecamatan Kertek, Wonosobo.

Sejumlah saksi melaporkan kejadian tersebut kepada Kepolisian Sektor Watumalang dan diteruskan ke Unit Laka Lantas Polres Wonosobo untuk penanganan lebih lanjut. "Mendapat laporan kejadian, petugas langsung ke tempat kejadian, antara lain dua anggota Polsek Watumalang, Kanit Laka Polres Wonosobo, Relawan Kecamatan Watumalang dan Perangkat Desa Kuripan," beber dia.

Tindakan yang diambil, petugas berupaya membawa atau menolong korban luka ringan ke rumah sakit, untuk korban meninggal dunia sudah dibawa ke rumah duka di Sigaluh Banjarnegara, mencatat dan mendata identitas korban serta mengamankan lokasi tempat kejadian. "Kami menelpon Unit Laka Lantas Polres Wonosobo dan mobil derek untuk proses evakuasi truk. Penanganan kejadian tersebut diserahkan ke Unit Laka Lantas Polsek Wonosobo," pungkasnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.