Truk Muatan Susu Kaleng Terguling Melintang, Wonosobo-Temanggung Sempat Macet

Kondisi truk pengangkut susu kaleng saat dievakuasi petugas derek, Senin (9/11/2020).

KERTEK FOKUSSABA.COM- Truk tronton bermuatan susu kaleng terguling di Jalan Raya Wonosobo-Kertek masuk Dusun Sambon Desa Sumberdalem Kecamatan Kertek, Wonosobo, Senin (9/11/2020) sekitar pukul 04.30 WIB. Truk yang diduga mengalami rem blong tersebut terguling melintang di jalan, sehingga akses lalu lintas pengendara dari arah Wonosobo maupun Temanggung mengalami kemacetan. Untuk kendaraan pribadi dan roda dua dialihkan melalui jalur alternatif Desa Purwojati Kecamatan Kertek, Wonosobo.

Kapolsek Kertek, AKP Sutopo mengungkapkan, truk tronton yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah Truk Hino bernomor polisi L 9338 UU yang membawa muatan susu kaleng Lookman Djaja Logistics. Truk dikemudikan Agus Mulyanto (40) warga Blok Buka Sem RT 22 RW 05 Desa Lohbener Kecamatan Lohbener, Indramayu. "Sang sopir mengalami luka memar punggung, hingga harus dirawat di RS PKU Muhammadiyah," ujarnya, Senin (9/11/2020).

Berdasarkan sejumlah keterangan saksi mata di lokasi kejadian, kronologis kejadian, semula Truk Hino yang dikemudikan Agus Mulyanto dengan muatan susu kaleng seberat kurang lebih 8 Ton melaju dari arah Parakan menuju Kertek. Saat menjelang lokasi kejadian, sewaktu melewati jalan beraspal dengan dua jalur dan jalan turunan panjang, Truk Hinoter sebut melaju tak terkendali. Diduga akibat kondisi rem tidak berfungsi alias rem blong," jelas AKP Sutopo.


Petugas kepolisian membantu mengatur arus lalu lintas saat evakuasi truk yang terguling. (Foto: Dok)

Saat kejadian kondisi pagi hari, cuaca cerah dan arus lalu lintas sedang sepi. Kemungkinkan, pengemudi terlalu sering menginjak rem, sehingga saat melintas dari Desa Prumbanan truk tersebut mengalami rem blong. "Kendaraan tetap melaju tak terkendali hingga membentur pohon di sebelah kiri jalan, hingga truk terguling dan meluncur sejauh kira-kira 80 meter. Truk tersebut baru berhenti melintang di tengah jalan," imbuh dia.

Akibat kejadian, sang sopir mengalami luka memar. Sedangkan sejumlah muatan ada yang tercecer di jalan. Kerugian materian ditaksir mencapai Rp 5.000.000. Petugas kepolisian dari Polsek Kertek dan Satlantas Polres Wonosobo berupaya membantu proses evakuasi truk, serta mengatur arus lalu lintas. "Untuk kendaraan tadi sempat dialihkan melalui jalur alternatif Purwojati. Saat ini kendaraan yang mengalami kecelakaan sudah dievakuasi dan akses lalu lintas kembali normal," ungkapnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.