Antisipasi Bencana, Warga Desa Gemblengan Dibekali Materi SAR di TMMD Reguler




GARUNG FOKUSSABA.COM- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Basarnas Pos Wonosobo menggelar penyuluhan Search And Rescue (SAR) potensi pencarian dan pertolongan untuk keselamatan manusia pada bencana alam. Kegiatan tersebut diikuti masyarakat Desa Gemblengan Kecamatan Garung dalam rangka kegiatan non fisik TMMD reguler ke-110 tahun 2021 Kodim 0707/Wonosobo, Senin (29/03/2021).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Basarnas Pos Wonosobo Hardi mengatakan, forum penyuluhan SAR ini adalah sebagai wadah koordinasi seluruh stakeholder bidang SAR yang ada di Kabupaten Wonosobo. Kegiatan yang dilakukan memberikan materi tentang teknik pemindahan korban, praktek evakuasi korban di ketinggian dan teknik pertolongan korban dalam kedaruratan.

“Salah satu tugas direktorat bina potensi Basarnas adalah melaksanakan sosialisasi tentang pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, semoga semua lapisan masyarakat dapat menyatukan visi maupun misi dalam pelaksanaan operasi SAR khususnya di wilayah Desa Gemblengan,” ucapnya.

Menurutnya, menyampaikan atau memberi penyuluhan Search And Rescue (SAR) kepada warga masyarakat tujuannya agar warga masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat, kecelakaan, bencana dan kondisi membahayakan manusia lainya.

“Kami berharap dengan kegiatan penyuluhan SAR ini diharapkan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Gemblengan tentang keselamatan diri dan keselamatan untuk orang lain,” pungkas Hardi.

Kepala Desa Gemblengan, Sutrimo mengucapkan terima kasih kepada Basarnas Wonosobo, yang telah memberikan penyuluhan tersebut. “Untuk hal ini, semoga warga saya bisa memahami arti dari penyelamatan dan keselamatan, mengingat desa ini memang rawan bencana,” imbuhnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.