Terapkan Materi Penyuluhan Satgas TMMD Bersama Masyarakat Tanam Sayur di Polybag




Kegiatan TMMD Reguler Ke 110 Kodim 0707/Wonosobo terus berlangsung, Kini memasuki hari ke 25 kegiatan fisik dan non fisik terus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Salah satu kegiatan non fisik yang sudah terlaksana adalah Penyuluhan Program Kampung Iklim dari Dinas Lingkungan Hidup dimana salah satu materinya adalah menanam dalam polybag. Materi yang didapatkan ini langsung diterapkan oleh masyarakat bersama Satgas TMMD, seperti yang terlihat di halaman rumah Pak Slamet warga Dusun Kasiman RT 2 RW 4 bersama dengan Kapten Inf Sutarto dan Sertu Harno, Sabtu (27/03/2021).

"Menanam di polybag ini sebenarnya sudah kami lakukan sejak lama, tapi setelah ada penyuluhan kemarin, kami jadi mengerti bagaimana menanam yang baik dan ternyata yang kami lakukan ini termasuk dalam mensukseskan Program Kampung iklim." ujar beliau

Warga mengaku senang setelah mengetahui bahwa menanam di polybag ini termasuk dalam mendukung program pemerintah selain untuk mempertahankan tanaman pangan lestari sehingga mereka lebih semangat lagi dalam memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam.

Program Kampung Iklim sendiri merupakan upaya dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca seperti termuat dalam Sustainable Development Goals Tujuan Nomor 13 yakni mengurangi dampak perubahan Iklim serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Dengan adanya tanaman dalam Polybag ini tentunya akan memberikan sedikit dampak positif dalam mengurangi peningkatan suhu bumi dan memberikan ketersediaan pangan berkelanjutan bagi masyarakat. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.