Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dampingi Petugas Medis Lakukan Tracing Covid-19 di Kelurahan Kejiwan

Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendampingi tenaga medis lakukan tracing contact/melacak kontak erat warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Kejiwan. (Foto : Dokumentasi)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Serda Norani Babinsa Koramil 01/Wonosobo, Kodim 0707/Wsb bersama Bhabinkamtibmas dan tenaga medis dari Puskesmas melakukan tracing contact/melacak kontak erat warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Kejiwan Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, kemarin.

Serda Norani menyampaikan, pihaknya bersama tim tracer melakukan langkah-langkah tes uji swab atau rapid antigen kepada warga Kelurahan Kejiwan Kecamatan Wonosobo yang kontak erat dengan terkonfirmasi positif Covid-19, serta memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak takut ataupun malu tetapi dengan kesadaran melapor apabila kontak erat dengan terkonfirmasi Covid-19.

“Saat ini Covid-19 masih ada di sekitar kita. Kita semua tidak boleh lengah, harus waspada, mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan. Sebab kita semua tidak tahu disekitar kita ada yang terpapar atau tidak. Lebih baik menjaga daripada mengobatinya," ujarnya.

Di tempat terpisah, Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Sugeng Hariyanto menyampaikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro merupakan sarana yang tepat dan efisien untuk memutus penyebaran Covid-19 sampai tingkat bawah.

Keterlibatan Babinsa dalam pelaksanaan penelusuran kontak erat Covid-19, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus covid-19 di wilayah binaan serta memaksimalkan peran posko PPKM berbasis Mikro,” pungkasnya.

Menurut Winda petugas dari Tim Tracer Puskesmas mengungkapkan,” tracing contact dilakukan guna melacak warga yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut, kami merasa terbantu dengan keikutsertaan aparat TNI-Polri dalam tracing contact, sebab tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif covid-19 atau tidak,” ucapnya.

“Kegiatan tracing dapat berjalan dengan lancar dan selanjutnya untuk yang kontak erat akan dilaksanakan Tes swab," tegasnya. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.