Ditengah Gempuran Pandemi Covid-19, Ekonomi Dan Kesehatan Dinilai Harus Berimbang

Anggota TNI saat memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan kepada pedagang pasar. (Foto : M Abdul Rohman)


Di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, masyarakat diajak terus menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan. Merubah kebiasaan masyarakat untuk terus menggunakan masker saat beraktivitas, menjalankan roda perekonomian atau keluar rumah, serta membiasakan diri mencuci tangan memang bukan hal mudah. Harus terus menerus diedukasi.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengaku, pihaknya tidak bisa menekan antara kesehatan masyarakat dan menjalankan roda perekonomian. Semua harus berjalan bersama, kesehatan terus ditingkatkan, perekonomian juga harus terus ditingkatkan, agar semua berimbang. Hal itu disampaikan Bupati Wonosobo saat memimpin apel pagi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo.

Menurut Bupati pasar adalah pusat perekonomian bagi masyarakat. Ini menjadi tugas berat bagi pemerintah khususnya Disperindagkop UMKM yang menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah terkait urusan pasar. Salah satunya untuk menyelesaikan proses penataan pedagang di Pasar Induk Wonosobo.

“Urusan pasar adalah urusan yang penting, karena pasar merupakan pusat perekonomian bagi masyarakat. Seperti Pasar Induk Wonosobo harus disegerakan proses penataan pedagangnya agar di tahun 2021 ini Pasar Induk sudah bisa ditempati. Pasar Sapuran juga, dimana di tahun ini juga ada proses pembangunan penyelesaiannya,” ungkap Bupati.

Ini memang menjadi pekerjaan yang berat bagi kita semua yang harus diselesaikan, oleh karena itu Disperindagkop UMKM harus kerja ekstra, dengan bekerja bersama sama, satukanlah lembaga ini menjadi satu visi. Kalau masih ada ego sektoral masing masing bidang lepaskanlah itu. "Kita jadikan satu, gerakkan semua kekuatan dan SDM yang ada, dengan semua bergerak InsyaAllah semua persoalan bisa diurai satu persatu,” tambah Afif Nurhidayat.

Bupati juga menyampaikan agar dalam menyelesaikan proses penataan pedagang Pasar Induk ajaklah Pengurus Paguyuban Pedagang Pasar Induk Wonosobo (PPPIW) untuk mencari solusi bersama sama agar nanti pada saatnya pasar akan difungsikan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pasar Sapuran juga tahun ini ada kegiatan pembangunan, oleh karena itu persiapkan administrasinya secara matang, baik dari segi teknis maupun non teknisnya.

“PR kita banyak dan berat, pada sisi yang lain kita harus menangani Covid-19 dan pada sisi yang lain juga harus menangani ekonomi, ini harus berimbang. Dan jangan lupa UMKM juga harus terus diperhatikan, agar semua bisa berjalan dengan lancar. Agar masyarakat tetap sehat, ekonomi tetap berjalan maka dibutuhkan kerja cepat, kerja cerdas dan kerja sama semua pihak,” pungkas Bupati. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.