Lakukan Patroli Gabungan, Petugas Distribusikan Bantuan Beras dan Masker ke PKL, Ojek dan Pedagang Keliling


Petugas gabungan melakukan operasi protokol kesehatan disertai pemberian bantuan dan sosialisasi 5M. (Foto : M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, dan Satpol PP Wonosobo bersinergi melaksanakan patroli himbauan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi dengan cara membagikan beras dan masker kepada pedagang kali lima, ojek, pedagang keliling.

Kegiatan rutin patroli ini dilakukan dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat diwilayah Wonosobo agar tetap aman dan kondusif. Selain itu, juga dilakukan penyaluran bantuan sosial berupa paket beras dari pemerintah dan pembagian masker gratis kepada masyarakat.

Koordinator dari Satpol PP Wonosobo,
Musafak menyampaikan kegiatan patroli ini sebagai edukasi prokes saat PPKM sekaligus melakukan aksi sosial atau aksi berbagi. "Saat PPKM ini kami ingin mengedukasi teman-teman pedagang kali lima, ojek dan supir taksi, untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, yang belum mengenakan masker kami beri masker, dan yang sudah mengenakan masker pun kami beri lagi untuk cadangan mereka. Kegiatan ini kami barengi dengan memberikan bantuan sosial berupa beras kepada mereka," terang Musafak.

Pihaknya berharap kesadaran untuk menggunakan masker dapat meningkat, dan petugas gabungan tetap berhubungan baik dengan masyarakat di samping menyampaikan pesan untuk menjaga dan menerapkan protokol kesehatan.

Pasi Ops Kodim 0707/Wonosobo Kapten Inf Robet menambahkan dalam patroli ini jika ditemukan masyarakat yang masih melakukan aktifitas di warung atau di tempat nongkrong akan kita lakukan pendekatan secara persuasif agar segera kembali ke rumah masing-masing.

Kegiatan seperti ini akan sering dilakukan sehingga kegiatan percepatan pemutusan penyebaran virus corona sehingga diharapakan khususnya Wonosobo kembali masuk zona hijau lagi. "Dengan kegiatan patroli dengan membagikan beras dan masker ini diharapkan stigma masyarakat bahwa patroli membuat rakyat susah tidak benar adanya," ujar Pasi Ops.

Badri pedagang bakso keliling saat diberikan beras dan masker sangatlah terkejut, awalnya saat didatangi rombongan petugas sudah takut. Saat akan pergi, dipanggil petugas ternyata mendapatkan beras dan masker, seketika itu juga perasaan takut menjadi hilang. Berubah perasaan senang bukan main.

“Kepada para petugas terima kasih yang tak terhingga. Saat seperti ini kami diperhatikan dan diberikan beras sangatlah membantu kebutuhan rumah tangga kami. Kami akan mematahui anjuran pemerintah untuk selalu mentaati protokol kesehatan untuk kebaikan bersama,” pungkasnya. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.