Sekda Wonosobo Minta Masyarakat Jangan Tolak Vaksin, Demi Kebaikan Bersama


Petugas medis melakukan vaksinasi kepada salah satu warga di Wonosobo. (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19 sangat baik. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya keikutsertaan warga ketika ada vaksinasi yang dilaksanakan baik oleh Pemkab, TNI, Polri maupun lembaga lembaga lain yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One andang Wardoyo ketika dimintai keterangan terkait vaksinasi Covid-19, menyampaikan bahwa dalam rangka mempercepat terbangunnya herd immunity dan menurunkan angka kematian yang cukup tinggi, kepada masyarakat Wonosobo yang sudah didaftarkan dan terdaftar oleh jajaran kesehatan agar tidak menolak vaksinasi dengan dalih apapun, kecuali tidak lolos screening oleh tenaga kesehatan.

“Jangan menolak vaksin, karena itu akan merugikan diri sendiri maupun orang lain, apalagi bagi warga yang sudah didaftarkan dan memenuhi syarat oleh tenaga kesehatan. Karena masih banyak sekali warga yang menginginkan dan belum berkesempatan memperoleh vaksin. Masyarakat juga perlu tahu bahwa vaksin tidak menimbulkan kesakitan dan tidak membahayakan, dan apabila ada dampak ikutan paska imunisasi (KIPI) segera lapor kepada petugas kesehatan terdekat, biar segera ditangani oleh Tim KIPI,” jelas Andang.

“Bagi warga yang akan melaksanakan vaksin, ketika melakukan screening agar jujur kepada petugas kesehatan. Jangan menyembunyikan atau berdusta ketika mempunyai riwayat penyakit, agar tidak ada hal hal yang tidak kita inginkan terjadi. Jangan ada dusta diantara kita,” ungkap Sekda.

Untuk menghentikan rantai penularan covid 19 secara cepat butuh dukungan dan partisipasi masyarakat, disamping dengan selalu menerapkan 5M juga dengan memanfaatkan vaksin yang disediakan secara gratis oleh pemerintah. “Jangan tolak vaksinasi demi kebaikan bersama,” pungkas One Andang. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.