Semua OPD Diminta Beri Masukan Kebijakan Terukur dan Terarah Dimasa PPKM

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat memimpin Rapat Koordinasi Camat se-Kabupaten Wonosobo, yang di gelar di Ruang Mangoenkoesoema Setda. (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat memimpin Rapat Koordinasi Camat se-Kabupaten Wonosobo, yang di gelar di Ruang Mangoenkoesoema Setda, belum lama ini. Rapat membahas perkembangan dan evaluasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kabupaten Wonosobo.

Hadir juga pada kesempatan itu, Wakil Bupati Muhammad Albar, Sekda One Andang Wardoyo didampingi Asisiten Sekda 1, Kepala Dinas Kesehatan, serta dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Camat. Rapat dilaksanakan terbatas dan tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

Bupati menegaskan, semua kebijakan daerah terkait penanganan covid-19 dilaksanakan berdasar dan berpedoman pada kebijakan dan keputusan dari Pemerintah Pusat. "Dalam penanganan covid-19, kita berpedoman pada kebijakan pemerintah pusat, keputusan pemerintah adalah yang terbaik dan sudah melalui kajian dari para ahli, posisi kita adalah mendukung," demikian tegas Bupati.

Bupati minta kepada seluruh OPD dan Instansi terkait juga Camat, untuk memberikan masukan, untuk bersama-sama membuat kebijakan yang terarah dan terukur, yang nantinya bisa diaplikasikan pada masa pemberlakuan PPKM Level 4 di Kabupaten Wonosobo.

"Silakan Kepala OPD, Camat, Kabag untuk memberikan masukan, kita buat kebijakan yang terukur dan terarah dalam masa PPKM Level 4 ini. Manfaatkan media untuk saling komunikasi, koordinasi, evaluasi, inventarisasi persoalan yang muncul di 15 kecamatan, susun strategi jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang. Jangan mengulang hal-hal yang sudah paham, sehingga tidak terukur dan tidak terarah," tegas Bupati.

Setelah kebijakan diputuskan, instansi terkait agar melakukan pemantauan dan pendampingan, sebagai evaluasi keberhasilan dan perkembangan, apakah kebijakan tersebut bisa sampai dan diterima masyarakat dengan baik, atau sebaliknya. Sehingga kebijakan tersebut nantinya bisa berjalan dengan optimal.

"Kami minta setelah kebijakan diputuskan dan diambil, silahkan dipantau, OPD terkait agar melakukan pemantauan dan pendampingan sebagai evaluasi keberhasilan dan perkembangan, bagaimana kebijakan ini sampai masyarakat, bisa diterima dengan baik atau sebaliknya, jangan sampai ada hambatan di tengah jalan sehingga nanti kebijakan tetap bisa berjalan dengan optimal," pinta Bupati.

"Sebagai Ketua Satgas Kabupaten, saya bertanggungjawab terhadap semua kebijakan penanganan Covid-19 sepanjang sesuai peraturan. Kita harus satu frekuensi untuk implementasi kebijakan pusat ditingkat lokal. Dan itu tugas kita bersama," ucap tegas Bupati. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.