Ribuan Pelaku Usaha Terdampak Pandemi Covid-19 Dapat Bantuan Uang Tunai

Anggota Kodim Wonosobo saat melakukan pembagian bantuan uang tunai kepada para pelaku usaha. (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) bekerja sama dengan Kodim 0707/Wonosobo menyalurkan bantuan langsung tunai bagi para pelaku UMKM sejumlah 4.200 orang. Masing-masing pelaku usaha mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,2 juta.

Kepala Dinsospermades Kabupaten Wonosobo, Harti menyebutkan jajaran Kodim 0707/Wonosobo membantu percepatan penyaluran Dana Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan ini diberikan dalam rangka membantu mereka agar segera bangkit usahanya yang telah terpuruk akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang melumpuhkan sendi- sendi kehidupan masyarakat baik ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya.

“Dalam penyaluran bantuan ini melibatkan beberapa instansi seperti Kodim, Polres, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial. Itu semua dilibatkan dengan maksud agar penyaluran bisa cepat dan tepat sasarannya. Pelibatan Kodim karena Kodim mempunyai Babinsa yang selalu berada di wilayah, sehingga tahu betul warga yang memiliki usahanya. Dengan demikian diharapkan bantuan ini tepat sasarannya,” kata Harti.

Sementara itu, Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat saat meninjau kegiatan penyaluran menyampaikan kepada para penerima bantuan agar bantuan yang diberikan ini dari pemerintah supaya digunaan sebagaimana mestinya. Yaitu digunakan untuk menambah modal usaha, jangan dialihkan untuk kebutuhan lain. Pihaknya menyadari akibat dari pandemi, kebutuhan serba meningkat, sementara penghasilan tidak menentu.

"Diharapkan setelah menerima bantuan ini segera merencanakan kebutuhan yang ada kaitannya untuk mengembangkan bidang usahanya masing-masing, sehingga setelah mendapatkan bantuan usaha meningkat dan pendapatan pun akan meningkat juga," pungkas Dandim.

Koordinator Penyaluran Bantuan, Kapten Inf Iwan Nafarin menyampaikan saat ini Kodim menyalurkan sejumlah 4.200 orang pelaku usaha dan tiap orang mendapatkan Rp 1,2 juta. Adapun yang berhak menerima adalah mereka yang mempunyai usaha dan belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Serta usaha tersebut merupakan usaha pokok bukan sebagai sampingan. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.