4.200 Pedagang Terdampak Covid-19 Telah Terima Bantuan, Penerapan Prokes Diminta Terus Dilakukan

Anggota Kodim Wonosobo saat melakukan penyaluran bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan warung, Selasa (9/11/2021). (M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Sebanyak 4.200 pedagang kaki lima dan warung terdampak pandemi Covid-19 telah menerima bantuan tunai dari pemerintah. Kodim 0707/Wonosobo telah menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dalam 16 tahapan. Masing-masing tahapan penyaluran dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan, guna meminimalisasi penyebaran Virus Corona.

Kasdim 0707/ Wonosobo, Mayor Caj Hanry Handoko menyampaikan, penyaluran BTPKLW telah dilakukan kepada 4.200 pedagang tanpa ada kendala. "Permohonan maaf kami sampaikan, karena penyaluran dilakukan sampai 16 tahapan, sehingga waktu cukup lama mulai dari tanggal 12 Oktober sampai 6 November. Pembagian menjadi 16 tahap dikarenakan saat ini masih pademi Covid-19 dimana kerumunan tidak boleh terjadi, sehingga dibuatlah menjadi beberapa tahapan," jelasnya Selasa (9/11/2021).

Kasdim saat mengawasi kegiatan penyaluran juga selalu menyampaikan kepada para penerima bantuan agar bantuan yang diberikan dari pemerintah agar digunaan sebagaimana mestinya. Yaitu digunakan untuk menambah modal usaha, jangan dialihkan untuk kebutuhan lain. "Kami menyadari akibat dari pandemi kebutuhan serba meningkat, sementara penghasilan tidak menentu," imbuh dia.

Pihaknya juga menyadari uang Rp 1,2 juta untuk menambah modal usaha tidaklah besar, apabila dibandingkan dengan harga-harga barang sekarang. "Akan tetapi janganlah dilihat dari nominal tersebut, lihatlah perhatian dari pemerintah yang berusaha membantu meningkatkan kesejahteraan pedangang kali lima dan warung yang beberapa waktu lalu mengalami penurunan modal bahkan ada yang sampai gulung tikar," harapnya.

Untuk itu diharapkan setelah menerima bantuan ini segera merencanakan kebutuhan yang ada kaitannya untuk mengembangkan bidang usahanya masing-masing. Diharapkan setelah mendapatkan bantuan, usaha dapat meningkat dan pendapatan pun akan meningkat, serta kesejahteraan akan mengikuti. Pihaknya juga menekankan agar masyarakat bisa menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kedepan, meskipun sudah vaksin, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan penggunaan masker tetap harus dilakukan jika keluar rumah atau bertemu orang banyak. Penting juga terus membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Menghindari kerumunan, selalu jaga jarak dan mengurangi mobilitas perjalanan. Diharapkan dengan penerapan protokol kesehatan yang baik, penyebaran Virus Corona dapat dihentikan. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.