Karakteristik TBC dan Covid-19 Dinilai Serupa, Upaya Penanganan Kedua Penyakit Itu Perlu Penyelarasan

Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar saat membuka pelatihan TB-Covid bagi kader TBC di Rumah Makan Wonoboga, Jumat (19/11/2021). (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Upaya penanggulangan TBC di Indonesia dihadapkan pada tantangan-tantangan baru yang muncul dari hadirnya pandemi Covid-19, diantaranya terkait upaya pencegahan, pelayanan kesehatan, pengobatan dan pengendalian TBC. Karakteristik TBC dan Covid-19 dinilai serupa, maka perlu menyelaraskan upaya penanganan TBC dengan respon Covid-19.


Hal itu disampaikan Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar saat membuka pelatihan TB-Covid bagi kader TBC di Rumah Makan Wonoboga, Jumat (19/11/2021). Dia menyampikan penanggulangan dan pengendalian TBC tetap harus dapat berjalan berdampingan dengan penanganan respons Covid-19.

“Banyak hal yang dapat diintegrasikan dengan adanya pandemi Covid-19, seperti penggunaan masker, mengikutsertakan komunitas untuk melakukan investigasi kontak, dan optimalisasi peralatan laboratorium untuk pemeriksaan Covid-19 dan TBC," jelasnya.

Penyesuaian upaya penanggulangan TBC terus dilakukan dengan mensosialisasikan pengintegrasian investigasi kontak TBC dengan pelacakan kasus Covid-19 dengan para petugas kesehatan. Pihaknya menyambut baik terselenggaranya pelatihan tersebut, sebagai salah satu upaya pengintegrasian antara program TBC dengan respons Covid-19.

Diharapkan kader sebagai bagian implementer lapangan komunitas bisa mengetahui dan memperbaharui informasi terkait hal tersebut. “Kader, sebagai garda terdepan yang mengemban misi untuk mengeliminasi TBC di masyarakat, dan saya tekankan disini bahwa kader TBC adalah kunci dari pencapaian eliminasi TBC Nasional Tahun 2030. Ikhlas dan sabar, itu hal utama yang harus ada dalam diri setiap kader,” jelasnya.

Dalam pelatihan TB-Covid yang diselenggarakan Tim Sub Sub Recipient Mentari Sehat Indonesia itu diikuti 30 orang peserta kader TBC dari 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Wonosobo. Narasumber dari Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Wonosobo dan Dinas Kesehatan Wonosobo.

Sementara itu, Staf Program SSR Mentari Sehat Indonesia, Wening Tyas Suminar menyebutkan, pelatihan ini diadakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan kader tentang TBC dan Covid-19 mengenai informasi umum, gejala, dan pencegahan serta pengetahuan terkait protokol pelayanan TBC saat masa pandemi Covid-19, sehingga menjadi salah satu upaya memandirikan masyarakat dalam mengatasi permasalahan TBC di masa pandemi.

“Harapannya, dengan pelatihan TB-Covid ini, bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait penyakit TBC dan Covid-19 dan memahami protokol pelayanan TBC saat masa pandemi Covid-19. Kader bisa menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dari kegiatan ini dalam tugas mulia investigasi kontak, penyuluhan, pencarian suspek hingga pendampingan pasien TBC,” harap Wening. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.