Kasus Covid-19 Wonosobo Mereda, Penerapan Protokol Kesehatan Diminta Tidak Kendor

Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo saat menyerahkan piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan saat upacara Hari Kesehatan Nasional ke 57 di halaman Pendopo Bupati, Jumat (12/11/2021). (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo saat ini sedang melandai, namun seluruh masyarakat diminta untuk tidak kendor dalam penerapan protokol kesehatan. Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo menghimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19.

"Jangan kendorkan pertahanan kita, karena akan sangat menyedihkan jika perjuangan keras kita selama ini rusak akibat kelalaian sesaat akibat 'bosan dengan keadaan'. Tetap terapkan protokol kesehatan secara baik dan benar di manapun kita berada," demikian ditegaskan Sekda Andang saat upacara Hari Kesehatan Nasional ke 57 di halaman Pendopo Bupati, Jumat (12/11/2021).

Dia mengaku bersyukur karena saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo sedang melandai. Begitupun cakupan vaksinasinya juga sudah mendekati target. Namun masyarakat diminta tetap waspada atas munculnya gelombang ketiga yang berlangsung di belahan dunia lain seperti Amerika dan Eropa. "Kita harus tetap waspada atas munculnya gelombang ketiga yang berlangsung di belahan dunia lain seperti Amerika dan Eropa," Jelasnya.

Pada momen HKN tersebut, ucapan dan penghargaan disampaikan kepada jajaran insan kesehatan dalam penanganan masalahan kesehatan, terutama dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo. "Atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan kerja ikhlas seluruh insan kesehatan di Kabupaten Wonosobo," tutur dia.

Merupakan etos kerja dan ketulusan yang luar biasa, yang ditunjukkan para tenaga kesehatan selama ini dalam bergulat melawan gempuran pandemi Covid-19 yang sangat massif. "Pengabdian saudara mempertaruhkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan nyawa, namun saya berpesan jangan sampai saudara mengesampingkan kesehatan dan keselamatan diri sendiri," pintanya.

Selain itu, Sekda Andang juga menghimbau untuk turut mengedukasi seluruh lapisan masyarakat agar tetap tertib melaksanakan protokol kesehatan. "Tidak dapat dipungkiri, situasi dan kondisi akhir-akhir ini yang cenderung tenang berpotensi mengendornya kewaspadaan masyarakat, sementara virus yang dapat terus bermutasi berada di sekitar kita tanpa kita sadari," terang dia.

Aktivitas yang sudah dilakukan dengan budaya normal baru, sudah seharusnya membuat kita memahami bahwa kita harus menyesuaikan diri dengan situasi yang tidak menentu ini. "Masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Penting selalu menggunakan masker saat beraktivitas, baik di luar rumah maupun rutinitas keseharian. Terus biasakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Menghindari kerumunan, selalu jaga jarak dan mengurangi mobilitas perjalanan," imbaunya. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.