Laksanakan Vaksinasi Berbasis Keluarga, 720 Dosis Vaksin Covid-19 dari BKKBN Sasar Tiga Kampung KB


Kepala DPPKBPPA Kabupaten Wonosobo, Dyah Retno bersama jajarannya dan Camat Wonosobo, Muhamad Said berfoto bersama saat vaksinasi di Wonosari, Wonosobo, Rabu (03/11/2021). (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Kabupaten Wonosobo mengalokasikan 720 dosis vaksin Covid-19 kiriman dari BKKBN Pusat untuk tiga kampung KB di dua kecamatan di Wonosobo. Pelaksanaan vaksinasi berbasis keluarga hasil kerjasama DPPKBPPA dan Dinas Kesehatan, dimulai di Kampung KB Desa Wonosari Kecamatan Wonosobo, Rabu (03/11/2021).

Kepala DPPKBPPA Kabupaten Wonosobo, Dyah Retno mengatakan, pihaknya mendukung target yang dicanangkan Bupati Wonosobo, agar target sasaran vaksinasi tercapai 50 persen pada akhir Bulan November dapat dicapai. “Melalui vaksinasi berbasis keluarga ini kami berupaya agar warga masyarakat, khususnya di tiga Kampung KB mitra DPPKBPPA yang belum mendapat vaksinasi bisa memperoleh hak mereka agar segera terwujud kekebalan kelompok (Herd Immunity),” jelas Dyah Retno.

Dijelaskan, terbatasnya ketersediaan vaksin membuatnya mesti membuat alokasi prioritas, sehingga untuk kuota 720 dosis vaksin sinovac bantuan BKKBN Pusat baru bisa diberikan pada warga di ketiga desa tersebut. “Untuk desa Wonosari, alokasi vaksin pada hari ini sebanyak 100 warga mulai dari kalangan anak-anak sampai lansia dan juga ibu menyusui maupun ibu hamil yang telah masuk dalam daftar penerima,” jelasnya.

Sementara 300 dosis vaksin disebut Dyah akan dialokasikan untuk warga di desa Candimulyo Kecamatan Kertek pada Kamis (4/11), kemudian 320 dosis lainnya di Desa Bejiarum Kecamatan Kertek, Selasa (9/11). “Harapan kami tentu warga masyarakat di ketiga desa ini benar-benar memanfaatkan kesempatan vaksinasi secara optimal, karena untuk Kabupaten Wonosobo, kendala utama upaya akselerasi vaksinasi memang ada pada ketersediaan dosis vaksin sehingga begitu ada kuota maka harus langsung bergerak,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Wonosobo, Muhamad Said yang turut mendampingi warga Wonosari menjalani vaksinasi menambahkan, untuk saat ini, kegiatan vaksinasi di wilayahnya berjalan kondusif, sehingga ia optimis warga target sasaran yang telah mendapatkan suntikan anti Corona telah melebihi 50 persen. “Antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin Covid-19 ini di wilayah Kota Wonosobo terhitung tinggi, sehingga ketika dibuka pendaftaran, baik di Polres, Kodim maupun di Sasana Adipura Kencana warga selalu berbondong-bondong datang,” terangnya.

Dengan kondisi tersebut, Said meyakini dalam waktu yang tidak terlalu lama, atau setidaknya pada akhir tahun mendatang, capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Wonosobo akan bisa menyentuh 70 persen dari target. “Harapan kita semua, ketersediaan vaksin semakin meningkat, kesadaran warga juga terus meningkat sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan Wonosobo kembali aman, sehat rapi dan indah,” pungkasnya.

Pihaknya juga terus mengingatkan masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan penggunaan masker tetap harus dilakukan jika keluar rumah atau bertemu orang banyak. Penting juga terus membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Menghindari kerumunan, selalu jaga jarak dan mengurangi mobilitas perjalanan. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.