Penyerahan Bantuan Tunai PKL dan Warung Terdampak Covid-19 Terus Digenjot, Penerapan Prokes Harus Dijaga

Proses pembagian bantuan tunai kepada PKL dan warung dari Kodim 0707 Wonosobo di Makodim setempat, Selasa (02/11/2021). (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Kodim 0707/Wonosobo terus menggenjot pembagian Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKW) terdampak pandemi Covid-19. Saat ini penyaluran bantuan sudah mamasuki hari ke 14 dengan jumlah bantuan sudah berhasil disalurkan sekitar 3.800-an pedagang. Para peserta diminta tetap menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas.

Penyaluran bantuan pada Selasa (02/11/2021) ditinjau Kasdim 0707/Wonosobo, Mayor Caj Hanry Handoko. Dalam kesempatan tersebut Kasdim menyampaikan bahwa tugas menyalurkan bantuan ini atas perintah Presiden kepada Panglima TNI, bahwa TNI melalui satuan di wilayah agar ikut membantu penyaluran pembagian BTPKW seperti di wilayah Kodim 0707/Wonosobo.

Kasdim meminta kepada para penerima agar bantuan yang diterima ini dipergunakan untuk menambah modal usaha yang beberapa waktu lalu mengalami penurunan bahkan ada yang harus gulung tikar, akibat gempuran pandemi Covid-19 berkepanjangan. "Untuk itu bantuan ini sesuai harapan dari pemerintah agar digunakan untuk meningkatkan usahanya sehingga bisa kembali berusaha," harapnya.

Minimal, lanjut dia, bisa sedikit bangkit kembali, bahkan bisa lebih maju dari pada sebelum pandemi Covid-19. Pihaknya juga menekankan agar masyarakat bisa menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah dan tetap menjaga protokol kesehatan. Kedepan, meskipun sudah vaksin, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan penggunaan masker tetap harus dilakukan jika keluar rumah atau bertemu orang banyak. Penting juga terus membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Menghindari kerumunan, selalu jaga jarak dan mengurangi mobilitas perjalanan. Diharapkan dengan penerapan protokol kesehatan yang baik, penyebaran Virus Corona dapat dihentikan.

Salah satu penerima bantuan dari Desa Gadingsukuh Kecamatan Kepil, Rosidah mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diterima. "Bantuan ini sangatlah berarti bagi pedagang kecil seperti saya, apalagi saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Warung kelontong saya sejak pandemi Covid-19 modalnya semakin berkurang, sebab kebutuhan harian tidak bisa ditunda sementara keuntungan tidak menentu," akunya.

Dengan kondisi itu, uang yang harusnya untuk modal, malah digunakan untuk menyambung hidup. Dengan adanya bantuan tersebut sangatlah berarti bagi dirinya. Uang yang diterima akan langsung dibelanjakan mengisi warung yang saat ini stok barangnya tinggal sedikit. "Dengan barang kembali seperti semula diharapkan para pembeli datang lagi sebab barang dagangan sudah komplit. Semoga nantinya dapat mencukupi kebutuhan keluarga," harapnya. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.