Tingkatkan Herd Immunity, Pemkab Wonosobo Bekerja Keras Dapat Kuota Lebih Vaksin Covid-19

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo saat mengisi seminar dalam rangka peringatan hari kesehatan nasional, kemarin. (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo menyebut, saat ini seluruh daya dan upaya pemerintah dikerahkan untuk terus mendorong capaian vaksinasi Covid-19 secara maksimal di kota dingin ini. Upaya persuasif dan edukatif juga terus dilakukan demi menguatkan peran dan partisipasi warga dalam rangka menuju kekebalan kelompok (herd immunity).


Terkait ketersediaan vaksin Covid-19, Sekda Wonosobo juga menyebut pihaknya terus berupaya menggandeng sejumlah mitra, seperti organisasi keagamaan besar, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhamadiyah. “Pemerintah kabupaten saat ini terbuka terhadap semua mitra yang memiliki akses terhadap vaksin, seperti kemarin sudah ada NU dan Muhamadiyah, partai politik," jelasnya, Rabu (03/11/2021).

Bahkan, lanjut dia, Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI juga telah membantu 10 Ribu dosis demi percepatan vaksinasi di Kabupaten Wonosobo. "Dalam waktu dekat juga ada Indonesia Hebat yang telah menyiapkan 10 ribu dosis, namun waktunya belum dapat dipastikan,” terang mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo itu.

Dijelaskan, kunci dari upaya menambah dosis vaksin ada pada kecepatan penyuntikan dan pelaporan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun pusat, sehingga Kabupaten Wonosobo akan mendapatkan perhatian lebih. Mengingat Wonosobo bukan wilayah aglomerasi, pemerintah disebut Andang memang tidak mengalokasikan dosis vaksin sebanyak di daerah-daerah aglomerasi seperti Solo dan Semarang.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Wonosobo ditegaskan Sekda Andang, tidak tinggal diam dan terus bekerja demi mendapat kuota lebih vaksin Covid-19. Diharapkan nantinya cakupan vaksinasi di Wonosobo juga terus meningkat. Pihaknya juga terus mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas.

Meskipun sudah melakukan vaksinasi, lanjut dia, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan penggunaan masker tetap harus dilakukan jika keluar rumah atau bertemu orang banyak. Penting juga terus membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Menghindari kerumunan, selalu jaga jarak dan mengurangi mobilitas perjalanan. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.