LGN-OTA Wonosobo Tegaskan Anak Harus Peroleh Hak untuk Bersekolah


Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar saat menyerahkan bantuan dana pendidikan kepada anak asuh di Kabupaten Wonosobo di pendopo Bupati, Senin (20/12). (Foto: M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Pendidikan adalah urusan yang mendasar, oleh karena itu urusan pendidikan harus kita sengkuyung bersama sama. Pendidikan tidak hanya menjadi urusan dan tugas pemerintah saja, tetapi pendidikan juga menjadi tugas kita bersama seluruh elemen masyarakat. Demikian disampaikan Ketua umum Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA) Kabupaten Wonosobo Maya Rosida saat penyerahan bantuan dana pendidikan kepada anak asuh di Kabupaten Wonosobo di pendopo Bupati, Senin (20/12/2021).


Maya Rosida juga menegaskan bahwa anak anak harus memperoleh hak dasarnya, yaitu hak untuk bersekolah. “Seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap masalah pendidikan di kabupaten Wonosobo, sehingga program wajib belajar 12 tahun bisa terpenuhi dan berjalan dengan baik. Apalagi pendidikan juga merupakan salah satu indikator untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Wonosobo,” jelas Maya.

Disampaikan bahwa di tahun 2021 ini, LGN OTA Kabupaten Wonosobo menyerahkan bantuan dana pendidikan kepada 313 anak, yang bersumber dari donatur yaitu Panitia HKN tahun 2021, BAZNAZ Wonosobo, Yayasan Calla Lilly Sejahtera, PDAM Wonosobo, dan donatur perorangan.

Ke 313 anak asuh yang menerima bantuan terdiri dari 146 anak SD/MI masing masing menerima 300 ribu rupiah dengan total Rp. 43.800.000, 91 anak SMP/MTS masing masing menerima 400 ribu rupiah dengan total Rp 36.400.000, dan 76 anak SMA/MA masing masing menerima 500 ribu rupiah dengan total Rp 38.000.000. Jadi untuk total bantuan yang diberikan kepada 313 anak asuh sebesar Rp 118.200.000.

“Bantuan yang diberikan LGN-OTA kepada anak asuh melalui sekolah ini semoga bisa tepat sasaran, bermanfaat, membantu meringankan beban orang tua. Dan anak anak yang menerima dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi untuk menggapai cita citanya,” pungkas Maya Rosida.

Sementara Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat serta penggiat pendidikan di Kabupaten Wonosobo, yang selama ini selalu berkomitmen memajukan dunia pendidikan kita.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) Kabupaten Wonosobo yang selama ini telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam menggalang potensi serta sumber daya masyarakat, guna menunjang penuntasan wajib belajar, melalui pemberian beasiswa bagi anak asuh. Melalui bantuan dana pendidikan yang diberikan, diharapkan mampu memacu anak, untuk meningkatkan semangat belajarnya, sehingga bisa lebih berprestasi lagi.

“Diharapkan melalui kolaborasi yang sinergis antara pemerintah dan masyarakat dalam Gerakan Nasional Orang Tua Asuh, mampu berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan di tengah masyarakat, dengan terakomodirnya semua anak di usia jenjang pendidikan dasar, menengah serta atas untuk mengenyam pendidikan yang layak, tuntas, dan berprestasi,” ungkap Wabup.

“Kepada Anak-Anakku penerima bantuan dana pendidikan, saya ucapkan selamat, saya harap bantuan ini dapat menambah semangat kalian dalam menimba ilmu, jangan menyerah karena keadaan sebab selalu ada jalan disetiap keinginan yang kuat. Ilmu merupakan jembatan bagi masa depan, maka perkokohlah terus jembatan itu agar seberat apapun beban yang melewatinya, jembatan itu akan terus tegak berdiri menuju jalan yang benar,” pungkas Muhammad Albar. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.