Mobil Vaksin Kemenparekraf Bawa 500 Dosis Sinovac untuk Pelaku Wisata dan Warga Wonosobo

Kepala Disparbud Wonosobo, Agus Wibowo saat meninjau kegiatan vaksinasi di Mobil Kemenparekraf saat di Wonosobo. (Foto: M Abdul Rohman)

KABUPATEN Wonosobo merupakan salah satu kabupaten dengan beragam destinasi wisata. Sejak pandemi Covid-19, sejumlah lokasi wisata terpaksa dibatasi kunjungannya, bahkan ada yang harus tutup sementara. Pemerintah terus berupaya agar sektor wisata tetap bergerak, agar roda perekonomian masyarakat juga tetap berputar.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggenjot program vaksinasi di lingkungan wisata agar tercapai herd immunity. Program mobil vaksin kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pariwisata Kebudayaan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, merupakan salah satu jawabannya.

Kehadiran mobil yang membawa 500 dosis Sinovac tersebut, menurut Kepala Disparbud Wonosobo, Agus Wibowo, ditujukan untuk mendukung program pemerintah mempercepat cakupan vaksinasi, khususnya di kalangan para pelaku wisata di Wonosobo. “Sasarannya masyarakat umum dan pelaku wisata, namun secara khusus kita berupaya mendorong agar para pelaku usaha pariwisata yang belum mendapat vaksin dosis pertama, bersedia memanfaatkan kesempatan vaksinasi gratis ini,” tutur Agus Jumat (10/12/2021).

Vaksinasi bagi para pelaku usaha wisata, disebut Agus menjadi penting mengingat status PPKM di Kabupaten Wonosobo yang saat berada pada level 2, memungkinkan sejumlah daya tarik wisata dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan semakin banyaknya pelaku wisata yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama, pihaknya optimis potensi-potensi penularan virus Covid-19 di objek wisata dapat ditekan hingga titik terendah.

“Para pelaku wisata yang telah mendapat vaksin juga bakal meyakinkan para wisatawan yang berkunjung ke semua destinasi wisata dan pusat-pusat ekonomi kreatif Wonosobo, sehingga mereka akan semakin mantap dan percaya diri,” lanjut Agus. Di objek wisata unggulan seperti kawasan Dieng, Agus menyebut pihaknya juga telah memfasilitasi ribuan pelaku wisata untuk mendapatkan vaksin sejak awal Bulan Oktober lalu.

Demi menarik minat warga secara umum dan para pelaku pariwisata, Agus mengaku pihaknya juga menghadirkan sarana hiburan berupa live music di halaman Sasana Adipura Kencana. “Live music dari band lokal Wonosobo kita hadirkan, selain memberikan hiburan bagi warga yang menjalani vaksinasi, juga untuk menarik minat warga masyarakat di sekitar alun-alun Kota agar merapat ke arena vaksinasi,” tandasnya.

Adanya pertunjukan hiburan, diakui Agus juga ditujukan bagi tak kurang dari 20 petugas yang terlibat dalam program mobil vaksinasi, mulai dari tenaga kesehatan dari Dinkes, hingga para aparat keamanan dari TNI, Polri dan Satpol PP yang menjaga situasi di kawasan SAK tetap kondusif, serta proses vaksinasi berjalan aman, lancar dan tertib. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.