Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP dan Tim Gabungan Lakukan Operasi Pasar

Petugas gabungan melakukan operasi pasar terkait peredaran rokol ilegal di wilayah Kabupaten Wonosobo. (Foto : M Abdul Rohman)

WONOSOBO FOKUSSABA.COM - Masih maraknya peredaran rokok ilegal membuat Satpol PP Kabupaten Wonosobo beserta Satpol PP Provinsi Jawa Tengah dan Kantor Bea Cukai Magelang menggelar operasi pasar pada hari Rabu (1/12). Operasi yang bertujuan untuk menekan peredaran rokok ilegal ini menyasar warung, toko serta kios yang tersebar di beberapa titik di Kabupaten Wonosobo.


"Operasi gabungan ini kami laksanakan secara bertahap di dua kecamatan yaitu di Kecamatan Mojotengah dan di Kecamatan Garung, tepatnya di Pasar Kalibeber, Pasar Jawar, Pasar Garung, serta kios-kios yang terdapat di obyek wisata Menjer," terang Kasatpol PP Kab. Wonosobo, Sumekto Hendro Kustanto, melalui Kabid Tramtibum dan Linmas Hermawan Animoro.

Dalam operasi tersebut, selain memeriksa jenis-jenis rokok yang dijual, petugas juga melakukan edukasi terhadap pedagang terkait dengan ciri-ciri rokok ilegal. "Disamping melakukan pemeriksaan terhadap jenis-jenis rokok yang dijual, kami juga memberikan pemahaman kepada penjual terkait dengan ciri-ciri rokok ilegal serta pita cukai rokok yang dipalsukan,"tambah Hermawan.

Dalam operasi tersebut setidaknya ada lebih dari 50 toko, warung serta kios yang disambangi oleh tim gabungan, namun tidak ditemukan adanya rokok tanpa cukai maupun rokok dengan pita cukai palsu. Hermawan juga menjelaskan bahwa selain melaksanakan operasi pasar, pihaknya juga intensif melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat secara intensif mulai dari tingkat Kabupaten, kecamatan hingga di tingkat kelurahan dan desa.

"Harapan kami dengan diadakannya sosialisasi hingga ke tingkat desa dan kelurahan maupun operasi pasar seperti ini dapat menekan peredaran rokok ilegal, serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait peredaran rokok ilegal di Kabupaten Wonosobo," tegas Hermawan. (M Abdul Rohman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.