Pasca Luapan Saluran Irigasi Wanganaji, Petugas DPUPR Temukan Beberapa Ban Kendaraan


Petugas Operasi dan Pemeliharaan Irigasi DPUPR Wonosobo saat melakukan pembersihan tumpukan sampah.

WONOSOBO FOKUSSABA.COM- Pasca kejadian meluapnya Saluran Irigasi Wanganaji ditemukan beberapa ban kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Diantaranya tumpukan sampah yang menghambat lancarnya air di pintu air Kalianget.

Bahkan menurut Sahril, salah satu Petugas Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo, di antara tumpukan sampah ditemukan ban luar jenis truk yang berukuran cukup besar.

Sampah menjadi salah satu penyebab meluapnya air di Saluran Irigasi Wanganaji, disamping penyebab lain seperti berkurangnya daerah resapan air akibat alih fungsi lahan menjadi pemukiman. Pengumpulan data melalui survai lapangan segera dilakukan oleh Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kabupaten Wonosobo.

Hal itu sebagai dasar analisa dalam upaya mencari penyebab dan solusi, baik solusi jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Kegiatan tersebut diawali dengan rapat koordinasi teknis pada Senin (06/06) dengan melibatkan Tim Teknis dan Tim OP Irigasi Bidang SDA DPUPR Kabupaten Wonosobo.

Kepala Bidang SDA DPUPR Kabupaten Wonosobo, Eko Premono menyampaikan, sesuai arahan dari Kepala Dinas DPUPR Kabupaten Wonosobo, harus segera diupayakan solusi terhadap permasalahan tersebut, agar kenyamanan masyarakat bisa tetap terjaga.

Kebutuhan akan lahan meningkat dari waktu ke waktu dipicu oleh pertumbuhan penduduk, perkembangan struktur masyarakat dan perekonomian. Disamping itu peningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di saluran air juga menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.